Tips Merawat Ikan Hias

Apakah kalian pecinta ikan? Jika iya, maka tidak salah jika kalian berkunjung di Coretan Kata Junius karena di sini kita akan mengupas info lebih dalam mengenai berbagai ikan hias yang sudah pernah Coretan Kata Junius rawat. 

Apa saja ikan hiasnya? Yang pasti menarik semua, kalau gak menarik untuk apa dirawat. Bercanda. 

1. Ikan Guppy

Ikan guppy yang Coretan Kata Junius rawat kurang lebihnya seperti itu bentuknya. Kecil dan unyu. Walaupun kecil nih, ikan ini tuh awet. Gak percaya? Sini ke rumah Coretan Kata Junius, ikannya masih berenang-renang nih. Bahkan udah punya anak, sampai pusing merawatnya. 

Kalian penasaran kan gimana tips merawatnya? Pakai hati. Iya bener, kalau kalian merawatnya gak pakai hati ya say bye-bye. Gak kok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

a. Ukuran tempat ikannya, kalian harus perhatiin nih. Ukurannya jangan sempit nanti ikan jadi susah gerak, jangan lebar banget juga nanti stres. Sedengan aja deh. Kalau Coretan Kata Junius itu ukurannya seperti gambar di bawah. 
b. Air yang digunakan, di sini sarannya pakai air sumur aja atau air galian. Intinya jangan pakai air PDAM. Coretan Kata Junius udah pernah pakai air PDAM, eh ikannya mati. Dan satu hal lagi, airnya harus didiamkan minimal satu hari. 

c. Pakan dan efektivitas pemberian pakan, ini penting juga. Kalau kalian gak sibuk, ikan guppy dikasih makan satu hari sekali pun gak apa-apa. Tapi kalau kalian super duper sibuk, maksimal kalian kasih makan tiga hari. Itu pengalaman Coretan Kata Junius sih, mungkin ada yang pernah lebih dari itu? 

d. Efektivitas penggantian air, ini penting dan sangat penting. Diusahakan air diganti satu minggu sekali, jangan terlalu sering. Tapi jika air memang udah bener-bener kotor dan belum mencapai waktu satu minggu, gak apa diganti. 

e. Komponen pendukung, Coretan Kata Junius pakai tumbuhan air sebagai jalan pemberian oksigen bagi ikan guppy. Tumbuhannya itu seperti gambar di bawah. 
Hanya lima hal yang perlu kalian ingat untuk merawat ikan guppy. Tapi alangkah baiknya kalian juga bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman, untuk referensi kalian. Selain itu masing-masing ikan memiliki perawatan yang berbeda. 

2. Ikan Lemon

Ikan lemon yang Coretan Kata Junius pelihara waktu itu bentuknya seperti itu. Sorry gambar ini diambil di google, karena ikannya sudah tiada. Kenapa sudah tiada? Udah dijualkah? 

Enggak, jadi ceritanya ikannya itu baru dibeli di toko ikan. Esok harinya si ikan udah mati, Coretan Kata Junius pun gak tau kenapa bisa mati. Tapi ada beberapa hal yang diduga sebagai penyebab kematiannya. Apa saja tuh? 

a. Ikan lemon perlu dirawat di akuarium, ini hanya dugaan Coretan Kata Junius ya. Belum dicari kebenarannya. 

b. Saat itu menggunakan air PDAM, nah ini bisa saja. Karena sudah beberapa kali percobaan ikan yang menggunakan air tersebut akhirnya mati. 

Hanya dua dugaan di atas yang menyebabkan ikan lemon mati. Jadi di sini Coretan Kata Junius gak bisa menjelaskan kesuksesan untuk merawat ikan lemon. Mungkin di antara kalian ada yang sukses merawatnya? 

3. Ikan Zebra
Lagi-lagi gambarnya Coretan Kata Junius ambil dari google, karena ikan pun sudah mati. Sungguh sayang, padahal itu pertama kali Coretan Kata Junius merawat ikan hias setelah bertahun-tahun gak merawatnya. 

Ada beberapa hal yang Coretan Kata Junius lakukan terhadap ikan zebra, bisa saja itu yang membuatnya mati. 

a. Menutup lubang toples dengan plastik, ini kesalahan fatal sekali. Jangan kalian tiru ya. Padahal waktu itu plastik sudah dilubangi juga agar udara masuk, tetapi tetap saja ikannya mati. 

b. Menggunakan air PDAM, ini pun lagi-lagi menjadi masalah. Entahlah sudah berapa kali ikan hias yang dirawat mati karena ini. 

Hanya dua hal tersebut yang diduga penyebab kematian ikan zebra. Ada yang pernah mengalaminya juga? Atau kalian justru sukses merawat ikan zebra? 

Sampai di sini bahasan kita mengenai ikan hias, cukup menarik bukan? Merawat ikan hias tidak harus memakai akuarium, kalian tinggal beli ikan hias yang gak memerlukan akuarium. 

Salam, 
Coretan Kata Junius. 

(Note : Gambar ikan hias diambil dari google. Untuk lainnya asli hasil bidikan sendiri). 


Comments

Postingan Populer