Tips Belajar Matematika Saat Hendak Ulangan

Hello semua, kali ini Coretan Kata Junius  membahas hal menarik dan cukup bermanfaat buat kalian. Ya kalian, para pelajar yang agak kesusahan dalam mempelajari matematika. 

Sebenarnya Coretan Kata Junius juga cukup kesulitan, tetapi jika ada kemauan pasti kesulitan akan terhindarkan. Jadi Coretan Kata Junius akan membagikan beberapa tips yang cukup ampuh untuk mempelajari matematika guna mengerjakan soal ulangan. 

Apa saja kira-kira? Kita pasti ingin kan mendapat nilai bagus di bidang ini, tips-tipsnya bisa disimak di bawah ini. 

1. Catat hal penting saat guru sedang menjelaskan 

Ini merupakan hal paling penting, karena dalam matematika itu ada langkah-langkah kan untuk memecahkan soal. Namun terkadang kita bingung ini maksudnya bagaimana? Ini kenapa hasilnya segini? Ini dapat darimana? Ini apa? Loh kok begini? 

Kuncinya, kalian harus benar-benar menyimak penjelasan guru. Misalkan ada sesuatu yang benar-benar penting untuk diingat bagi kalian, maka catatlah. Contohnya seperti di bawah ini. 

Di samping angka-angka itu kan ada catatan, nah Coretan Kata Junius sengaja membuatnya supaya ingat langkah-langkahnya. Begitu maksudnya. 

2. Tandai rumus-rumus penting

Ini juga penting, kalau kalian tidak mau ribet nyari-nyari rumus pas belajar. Maka tandai rumusnya, yaitu dengan mengotaki rumus tersebut dengan tinta dengan warna berbeda. Bisa juga kalian blok rumusnya menggunakan stabilo, atau di arsir menggunakan pensil. 

Itu memudahkan kalian mencari rumusnya. 

3. Catat rumus-rumus dan pahami langkah-langkahnya

Jika tips kedua malas kalian lakukan, maka tips ketiga ini alternatifnya. Kalian baca dahulu materi yang akan diujikan, lalu catat beberapa rumus yang berhubungan materi begitu juga langkah-langkahnya.

4. Latihan soal

Ini untuk mengasah daya ingat dan pemahaman kalian terhadap materi tersebut. Kalian bisa ambil dari soal-soal yang sudah pernah dikerjakan atau mencari di internet. Kerjakan soal dengan penuh usaha! Sampai kalian pusing dan benar-benar meledak! Namun jika benar-benar tidak bisa mengerjakan, cobalah browsing caranya atau kalian lihat kembali pekerjaan kalian dahulu. 

5. Bertanyalah kepada yang lebih tau

Ini sih tips darurat, kalau kalian tidak bisa melakukan tips di atas. Jangan putus asa, cobalah minta diajari oleh teman atau kerabat atau saudara yang mengetahui materi dan paham. Jika masih belum paham, cobalah minta diajari gurumu langsung, jika berani ya. Atau kalian bisa lihat tutorial di youtube, karena matematika biasanya lebih mudah dipahami melalui video. 

Tapi jika sudah melakukan tips-tips di atas dan nyatanya tidak bisa bagaimana? Pakailah tips terakhir, apa ya? 

6. Pasrah dan berdoa

Ini adalah tips paling mentok, kalian sudah berusaha menjalankan tips-tips di atas tetapi sulit. Maka pasrahkanlah kepada Tuhan dan berdoalah semoga soal bentuk pilihan ganda sehingga kalian bisa menjawabnya dengan feeling. 

Coretan Kata Junius apresiasi bagi para pelajar yang sudah menggunakan lima tips di atas, walaupun berakhir di tips keenam. Tidak apa, asalkan kalian sudah berusaha keras! Itu lebih baik. 

Jadi, jangan mudah putus asa ya! Ulangi tips kesatu sampai kelima sebanyak sepuluh kali! Jika tidak bisa pakailah tips keenam. Tapi Coretan Kata Junius yakin kalian pasti bisa, asalkan tidak malas saja. 

Ada beberapa faktor juga yang kadang mengganggu fokus kalian dalam belajar matematika. Kalau Coretan Kata Junius itu punya beberapa kendala, antara lain :

1. Kondisi sekitar harus tenang

Jadi di sekitar itu tidak boleh ada suara bising yang mengganggu, atau seseorang yang mengusiknya. Intinya keadaan benar-benar tenang. Jika tidak, Coretan Kata Junius akan mengalami kesalahan dalam menghitung atau kesalahan teknis lainnya. 

2. Jika di rumah, harus berada di ruang yang sepi dan tertutup

Intinya harus ada di kamar, dan Coretan Kata Junius benar-benar sendiri di sana. Tidak ada orang lain, tidak ada pengganggu. Dan ruangan pun benar-benar tertutup begitu juga dengan pintu yang terkunci. Sudah pernah dicoba dan berhasil. 

3. Fokus tidak boleh terbagi

Artinya jika sedang belajar matematika atau menyelesaikan soal, ya fokus saja dalam satu hal itu. Tidak boleh memikirkan pelajaran lain, tidak boleh memikirkan hal lain, ataupun mengurusi urusan orang lain. 


Hanya dua hal saja yang dibahas, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan, dan tetap semangat dalam menghadapi kondisi seperti ini. 

Salam, 
Coretan Kata Junius. 

(Note : Ini di luar request, hanya satu ingatan yang pernah ditanyakan oleh orang lain). 

Comments

Postingan Populer